Jumat, 01 Desember 2017

Tanaman Hias Krokot atau Portulaka

Tanaman Hias Krokot atau Portulaka.


Tanaman hias krokot ialah tanaman annual atau semusim yang siklus hidupnya hanya satu tahun. Ada banyak spesies yang termasuk keluarga portulacaceae, favoritku ialah 2 spesies yang bernama Portulaca oleracea dan Portulaca grandiflora.


Portulaca oleracea atau Krokot juga diketahui bernama Resereyan atau yang lebih diketahui dengan nama Gelang Biasa yang dapat tumbuh tinggi hingga 50 cm. Ia biasa dimanfaatkan sebagai tanaman untuk makan ternak. Batangnya berwarna merah keunguan, bentuknya gemuk dan tebal. Daunnya juga tebal dan berdaging, dan bunganya berwarna kuning sulfur. Daun tanaman krokot merupakan daun tunggal berwarna hijau berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya tumpul.

Tanaman Hias Krokot
tanaman hias krokot

Tepi daunnya rata dan berdaging yang memiliki panjang 1–3 cm dan lebar 1–2 cm. Bunga Krokot merupakan bunga majemuk yang terletak di ujung cabang. Tanaman krokot juga memiliki kelopak bunga bewarna hijau, bertajuk, dan bersayap. Mahkota bunga krokot berbentuk jantung, memiliki 3-5 kepala putik bewarna putih dan kuning. Buah krokot berbentuk kotak, berwarna hijau, dan memiliki biji yang banyak. Bijinya bulat kecil mengkilap, bewarna hitam. Sistem perakaran tanaman krokot yaitu akar tunggang.

tanaman hias Portulaca oleracea
Portulaca oleracea

Sekalipun gelang biasa dianggap rumput liar di Amerika Serikat, ia juga dimakan sebagai daun sayuran. Ia jelas memiliki rasa asam dan asin dan dimakan pada banyak wilayah di Eropa, Timur Tengah, Asia, dan Meksiko. Di indonesia Hayu Dyah Patria, pendiri LSM Mantasa, memanfaaatkan gelang biasa atau krokot di desa Galengdowo sebagai kue, sayur, dan botok.

salad tanaman krokot
salad krokot

Gelang biasa dijadikan WHO sebagai daftar tanaman obat yang diproritaskan di dunia, dan 23 negara telah menggunakan tanaman ini. Dalam bahasa Cina, obat ini dikenal sebagai ma chia xian. Dalam farmakologi Cina, ia dikatakan dapat menyembuhkan disentri. Selain itu, ia bersifat penenang, peluruh air seni, dan sebagai tonik.

Portulaca grandiflora ialah spesies favorit saya yang kedua. Asli berasal dari Brazil, Argentina dan Uruguay tanaman yang berfungsi menjadi penutup tanah yang cantik ini bernama lain sunrose atau moss rose.

tanaman hias Portulaca grandiflora
tanaman hias portulaka
Portulaka dapat bertahan dikondisi tanah yang beragam tetapi diutamakan untuk menanamnya di tanah yang berpasir, mudah kering dan menyukai pencahayaan langsung sinar matahari. Tanaman ini sempurna untuk kondisi udara yang panas dan kering, apabila anda menyediakan kondisi favorit tanaman ini dapat berkembang biak dengan sendirinya. Mungkin anda harus mengawasi perkembangannya karena portulaka bisa tumbuh melewati batas daerah pertumbuhan yang anda inginkan dan bisa membuat tanaman lain anda terganggu.

tanaman hias portulaka
portulaka dalam pot

Anda tidak perlu menyiram tanam ini terlalu sering dalam perawatannya, dedaunan nya yang berbentuk silinder bisa menyimpan kelembaban dengan sangat baik. Ketika anda menyiramnya cukup dengan sedikit air saja karena letak akarnya tidak terlalu dalam dalam setiap tanaman hias ini.

Ketika anda mencoba menanam nya dari biji, anda tidak perlu mengubur biji nya, cukup letakan di dasar permukaan tanah karena biji ini membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.

tanaman hias portulaka
Portulaca grandiflora
Selain warna nya yang cantik tanaman hias ini juga dapat mengundang kupu-kupu ke taman anda. Anda bisa menanam nya di dalam pot juga di wadah gantung, tanaman ini akan tumbuh baik di keduanya. Meskipun tanaman anda sudah berhenti tumbuh karena tanaman ini hanya tumbuh semusim, tidak usah khawatir karena musim depan mereka akan tumbuh kembali dari benih yang tersebar dari tanaman sebelumnya.



http://nerdgreenexpert.blogspot.co.id/2015/10/tanaman-hias-krokot-atau-portulaka.html?m=1

0 komentar:

Posting Komentar